Layar Monitor Kita Bisa Mengeluarkan Aroma Makanan Di Masa Depan


Bayangkan waktu kita nonton film di bioskop, badan kita diterpa oleh angin kencang saat adegan film-nya berada di dekat helikopter. Atau temperatur di ruangan tiba-tiba menjadi panas saat adegan film-nya berada di dekat gunung berapi.

Ya, teknologi sinema 4 Dimensi adalah teknologi yang membuat para penonton bisa merasakan apa yang dirasakan oleh para aktor dan aktris dalam film tersebut. Jadi, kita seakan-akan ikut serta dalam petualangan fiksi mereka. Teknologi ini memang sudah ada di dunia dan orang-orang (yang beruntung) sudah bisa menikmatinya.

Tapi bagaimana kalau sedikit dari teknologi 4D itu bisa diterapkan di layar komputer kita di rumah? Bagaimana kalau kita bisa mencium aroma makanan atau aroma segar di tengah pengunungan saat kita menonton film?

Layar Monitor Bisa Mengeluarkan Bau Makanan Di Masa Depan

Itulah yang sedang dikerjakan oleh para peneliti Jepang dari Universitas Tokyo Fakultas Pertanian dan Teknologi. Mereka tengah mengembangkan sebuah layar yang bisa mengeluarkan aroma-aroma sesuai dengan apa yang ditampilkan di layar monitor.

Layar beraroma ini bekerja dengan empat kipas kecil yang ditempatkan secara strategis sehingga bisa mendistribusikan aroma pada layar dua dimensi. Kita tidak akan sadar adanya aliran udara apapun karena kipas-kipas tersebut dapat diatur sangat pelan. Tahu-tahu aroma restoran Italia atau aroma di tempat pembuangan sampah bisa tercium di ruangan kita.


Bagikan

0 comments: