Pemain Profesional Shogi Dikalahkan Komputer (Lagi)


Kekhawatiran beberapa orang akhirnya terjadi juga. Sebuah komputer akhirnya bisa mengalahkan seorang pemain catur shogi profesional Jepang untuk pertama kalinya dalam sejarah pertandingan resmi.

Sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Issei Yamamoto, 'Ponanza', berhasil mengalahkan Shinichi Sato dengan meyakinkan pada acara Master Shogi Versus Machine.

Pemain Profesional Shogi Dikalahkan Komputer

Sebelumnya, guru besar shogi yang juga mantan presiden Japan Shogi Association, Kunio Yonenaga (alm), pernah dikalahkan oleh sebuah program yang disebut Bonkras yang dikembangkan oleh seorang programmer di Fujitsu Labs.

Untungnya, Kunio-san adalah pensiunan alias tidak lagi bertanding di pertandingan resmi jadi masih bisa dimaklumi. Tapi yang terjadi kali ini, seorang pemain shogi profesional yang masih sangat aktif-lah yang menjadi korban... untuk yang kesekian kalinya.

Ponanza adalah salah satu dari lima program komputer yang memenangkan tempat teratas dalam Kejuaraan Komputer Shogi Dunia tahun lalu, jadi wajar kalau dia bisa memberikan kejutan.

Asal jangan langsung menguasai dunia saja.


Bagikan

2 komentar:

  1. Zaman komputer lebih pintar dari pembuatnya sendiri akan datang>_<
    seperti di film-film-__-"

    BalasHapus
  2. @Ersa - Yup. Lama-lama kita ada di matrix.

    BalasHapus