In Berita Dari Jepang

Tim Indonesia Juara Ke-2 Di Kejuaraan Igo Seluruh Jepang!


Kita baru menerima berita gembira dari Jepanger, Fitrah Gunawan.

Tim SD Higashi dari kota Koganei, Tokyo yang seluruhnya diwakili oleh bocah-bocah Indonesia berhasil menjadi juara kedua di kejuaraan Igo beregu SD seluruh Jepang memperebutkan Piala Mendikbud Jepang ke-10 yang berlangsung tanggal 28-29 Juli 2013.

Tim Indonesia (SD Higashi) yang terdiri dari 3 orang dengan komposisi kelas yang relatif masih muda yaitu Rafif Shidqi (kelas 5 SD), Faishal Umar (3 SD) dan Faiz Utsman (1 SD) berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang relatif kelasnya lebih tinggi, yaitu sebagian besar diwakili oleh kelas 5 dan 6 SD. Walaupun akhirnya di babak final, mereka harus mengakui keunggulan tim SD Kudan yang seluruh anggotanya adalah murid kelas 6 SD, dan juga diperkuat oleh putra dari pemain profesional Igo Jepang yang cukup terkenal.

Tim Indonesia Juara Ke-2 Kejuaraan Igo Beregu Seluruh Jepang!

SD Kudan merupakan juara bertahan di Piala Mendikbud tahun lalu. Tim SD Kudan bersama dengan SD Higashi termasuk dari 5 tim terpilih mewakili perfektur Tokyo yang merupakan daerah dengan persaingan terberat.

Prestasi Tim Indonesia ini merupakan kejutan besar, karena untuk menjadi salah satu perwakilan Tokyo saja bukan merupakan hal yang mudah. Ketika bertarung di pertandingan seleksi Tokyo pada 7 Juli 2013, Tim Indonesia (SD Higashi) sudah harus berhadapan dengan regu dari SD Kudan. Di pertandingan ini, regu SD Higashi sempat berimbang kedudukannya 1-1 melawan SD Kudan, ketika pemain kedua Faishal Umar berhasil mengalahkan lawannya. Dan hampir semua penonton yang hadir mengharapkan kemenangan pemain pertama Rafif dan menunggu dengan berdebar-debar akhir dari pertarungan. Sayang sekali Rafif akhirnya kalah tipis 1,5 mata.

Seluruh wakil dari masing-masing perfektur Jepang yang berjumlah 64 tim dipertemukan di Nihon Kiin,Tokyo pada Kejuaraan Igo Beregu SD seluruh Jepang dan dibagi dalam 8 grup yang terdiri dari 8 tim. Peringkat teratas dari setiap grup berhak lolos ke perempat final. Untuk lolos bukanlah hal yang mudah, kalah sekali saja maka pintu ke babak selanjutnya tertutup sudah. Dalam persaingan berat grup liga dan turnament tersebut, Tim Indonesia dan juara bertahan SD Kudan lah yang berhasil lolos ke final.

Tim Indonesia yang tadinya dianggap remeh oleh lawan satu grupnya, karena para pemainnya rata-rata masih kecil serta berkebangsaan asing, ternyata membuat lawan dan para guru pembimbingnya terkaget-kaget. Di hari pertama tanggal 28 Juli di babak penyisihan grup, dengan tekad membalas kekalahan dari SD Kudan, Tim Indonesia (SD Higashi) berhasil menyapu bersih lawan-lawannya dengan kemenangan telak 3-0 atas lawan-lawannya dan berhasil melaju ke 8 besar.

Pada perempat final di hari berikutnya, tim ini kembali berhasil mengalahkan lawannya dari Gunma 3-0 sehingga melaju ke babak semifinal dan bertemu SD dari Kyoto yang terkenal cukup tangguh tetapi berhasil ditaklukkan dengan skor 2-1. SD dari Kyoto akhirnya meraih juara ketiga setelah mengalahkan SD dari Kanagawa.

Tim Indonesia Juara Ke-2 Kejuaraan Igo Beregu Seluruh Jepang!

Di babak final yang disiarkan langsung oleh Nihon Kiin Net Taikyoku, tim Indonesia kembali berhadapan dengan SD Kudan yang juga berhasil masuk ke babak final, dan kalah 3-0. Meskipun kalah dan gagal membalas kekalahan di seleksi Tokyo, selain di papan ke tiga, permainan berlangsung alot. Melihat prestasi ini, bukan hal yang berlebihan bila dikatakan tahun depan tim SD Higashi merupakan calon kuat juara piala Mendikbud se-Jepang. Karena seluruh pemainnya masih dapat berpartisipasi di kejuaraan yang sama tahun depan.

Hasil dari kejuaraan Igo ini dimuat di Website Nihon Kiin (Federasi Igo Jepang):
http://www.nihonkiin.or.jp/amakisen/juniorgroup-gochampionship/10/result01.html

Dan juga surat kabar Sankei:
http://sankei.jp.msn.com/smp/life/news/130729/igo13072918300001-s.htm

Serta Go Weekly Edisi gabungan 8/12 & 8/19:
http://www.nihonkiin.or.jp/publishing/2013/08/8121985.html

Selamat kepada Rafif Shidqi, Faishal Umar dan Faiz Utsman!


Bagikan

Related Articles

3 comments: