Berapa Biaya Untuk Jalan-Jalan Ke Jepang?


Selain terkenal dengan budaya dan adat istiadatnya, Jepang juga terkenal dengan biaya hidupnya yang mahal. Sangat mahal. Bahkan ibukota negeri sakura, Tokyo, merupakan kota termahal nomor 1 di dunia menurut The Economist dalam laporannya; Worldwide Cost of Living 2013.

Berapa Biaya Untuk Jalan-Jalan Ke Jepang

Tahukah kamu kalau beras berkualitas tinggi di Tokyo harganya bisa mencapai Rp. 90.000,- per kilo? Tahukah kamu kalau parkir mobil di Tokyo harganya bisa mencapai Rp. 100.000,- per jam? Yup, semahal itulah kota termahal di dunia. Tapi berapa sih uang yang kita harus siapkan untuk bisa jalan-jalan ke Jepang?

Saya telah merangkum dari beberapa blogger yang telah jalan-jalan ke Jepang. Dengan patokan $1 sama dengan Rp. 10.000, mari kita lihat berapa besar uang yang telah mereka keluarkan ...

Jill & Dave, pasangan dari Amerika menghabiskan $2.337 selama 17 hari di Jepang, dengan rata-rata mengeluarkan $137 per hari. Ditambah lagi $610 untuk tiket kereta dan bus jarak jauh. Untungnya bagi Jill & Dave, tiket pesawat mereka gratis.

Penginapan: $1,451
Makan & Minum: $682
Transportasi Jarak Jauh: $610
Transportasi Jarak Dekat: $95
Tiket Taman, Museum, dll: $52
Lain-Lain: $55

Dave & Vicki, juga dari Amerika, jalan-jalan selama 16 hari dengan pengeluaran rata-rata $73 per hari. Lebih dari setengah pengeluaran mereka habis karena menggunakan kereta dan bus jarak jauh. Untungnya, mereka menghemat besar dalam hal akomodasi karena mereka menginap di rumah teman-temannya.

Penginapan: $176
Makan & Minum: $622
Transportasi: $1.000+
Tiket Taman, Museum, dll: $244
Lain-Lain: $105

Dave & Vicki berpesan kalau ingin berpergian dari satu kota ke kota lain, sebaiknya menyiapkan uang transport yang banyak dan membeli tiket terusan 7-hari Japan Rail Pass.

Berapa Biaya Untuk Jalan-Jalan Ke Jepang

Sedangkan Mollissa, teman kita yang membagikan pengalamannya di Jepang.net, menghabiskan Rp. 5.300.000,- selama 6 hari 5 malam di Jepang. Kok bisa murah banget?! Karena Lissa tidak mencatat berapa yang dia keluarkan untuk beli makanan dan transportasi. :)

Lissa membeli tiket pesawat dengan harga cuma Rp. 4,4 juta pulang-pergi dengan AirAsia (beli saat ada promosi). Penginapan di Yokohama Rp. 680.000 satu malam dan penginapan di Asakusa Rp. 220.000 juga satu malam. Sisanya dia menginap di rumah teman.

Dengan rangkuman diatas, paling tidak kita sudah memiliki sedikit gambaran mengenai biaya jalan-jalan kita di Jepang. Kalau kita super ketat hemat dan memanfaatkan tiket promo AirAsia, uang Rp. 15 juta di dompet sangatlah cukup untuk 1 minggu berpetualang sendiri. Dengan catatan: makan mie instan 3X sehari dan tidak berpergian terlalu jauh.

Kalau tidak mau pusing, banyak juga agen Tour & Travel yang menawarkan paket perjalanan ke negeri sakura dengan kisaran harga Rp. 20-30 juta. Akhir kata, besarnya total biaya yang kita keluarkan selama jalan-jalan di Jepang, semuanya tergantung dari diri kita sendiri.


Jalan-Jalan = Ryoko / 旅行

Bagikan

7 komentar:

  1. pengen sih tapi saya nggak punya uang^^

    BalasHapus
  2. insyaallah nanti saya kesana kalo dapat rejeki. amiiin

    BalasHapus
  3. Kalo ada yang ngajak bareng......
    ( bahasa jepang gak lancar )

    BalasHapus
  4. ya ..emang segitu sih yg ane tanya dg orang pernah pergi kejepang :D
    moga pulangnya dapat cewek orang jepang :ngakak

    BalasHapus
  5. wah ngarep bener kuliah disana, baliknya dah bawa orangnya :D

    BalasHapus
  6. semangka aja bisa 30000 yen alias 2,5jt wah klo disini bisa bikin kolam semangka hahaha.... becanda, Pada pingin dapet mertua orang jepang nih hehehe.... harus siap kerja keras hehehe....

    BalasHapus
  7. iya nih, ane pengin dapet mertua orang jepang.

    BalasHapus