Hayao Miyazaki Resmi Pensiun


Sang maestro yang berhasil membawa Piala Oscar ke Jepang dengan film anime-nya Spirited Away, Hayao Miyazaki, akhirnya resmi pensiun. Sutradara terkenal yang tahun ini berusia 72 tahun itu telah membuat 11 film anime layar lebar selama karirnya di dunia hiburan, dan semuanya dinilai tinggi oleh para kritikus.

Hayao Miyazaki Resmi Pensiun

Hayao lahir di kota Akebono-cho di Bunkyo, Tokyo, anak kedua dari empat putra Katsuji Miyazaki, presiden direktur Miyazaki Airplane, sebuah perusahaan pesawat tempur pada masa Perang Dunia ke II. Sejak SMP Hayao sudah bercita-cita menjadi mangaka. Dia sangat terinspirasi oleh gaya menggambar sang dewa manga, Osamu Tezuka, dalam karya-karya awalnya. Tapi setelah dia menonton film anime Hakujaden (The Tale of the White Serpent / Dongeng Ular Putih) pada tahun 1958, Hayao langsung mengubah cita-citanya dari mangaka menjadi animator.

Berbicara mengenai film terakhirnya, The Wind Rises, Hayao mengatakan bahwa film tersebut menghabiskan waktu 5 tahun untuk membuatnya. "Sebuah film bisa memakan 6 sampai 7 tahun dari ide awal sampai akhirnya diputar di bioskop, rasanya tubuh saya sudah tidak sanggup lagi," katanya. "Tapi selama saya masih bisa mengendarai mobil ke studio, saya tetap akan ke studio."


Bagikan

2 komentar:

  1. bye bye maestrooo :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir, Ojiisan masih bisa bikin film pendek. :)

      Hapus