In Berita Dari Jepang

Tokyo Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2020


Hari yang ditunggu-tunggu semua orang Jepang akhirnya tiba. Jepang, atau lebih tepatnya kota Tokyo, akhirnya terpilih menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di dunia pada tahun 2020!

Tokyo Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2020
Tokyo Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Proses pemilihan dimulai sembilan tahun sebelum Olimpiade diselenggarakan. Dalam hal ini, kota-kota yang ingin menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2020, harus menyusun dan mendaftarkan proposal mereka pada tahun 2011. Masing-masing kota harus membuktikan kepada Komite Olimpiade Internasional bahwa mereka memiliki rencana terbaik untuk membuat pesta olahraga itu sukses.

Menjadi tuan rumah Olimpiade tentu membutuhkan biaya yang luar biasa besar. Para kandidat harus menunjukkan bahwa mereka mampu untuk menggelar semua pertandingan, membangun semua fasilitas yang diperlukan bagi para atlet dan penonton selama kompetisi berlangsung. Mereka melakukan serangkaian presentasi dan pertemuan selama dua tahun lamanya.

Hasilnya, Tokyo berhasil mengalahkan Istanbul (Turki) dan Madrid (Spanyol).



Tokyo, ibukota Jepang, pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1964. Hal ini merupakan nilai tambah, tapi yang membuatnya benar-benar terpilih adalah teknologinya. Tokyo menggambarkan dirinya sebagai sebuah kota yang aktif dan dinamis dengan campuran lama dan baru, perpaduan antara kuil-kuil kuno dengan teknologi futuristik.

"Discover tomorrow" adalah slogan kota Tokyo.

Tokyo Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2020

Setelah Jepang dilanda gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011, pemerintah telah berjuang keras untuk mengatasi pencemaran radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang rusak. Musibah ini membuat Jepang "pincang" dalam berbagai sektor, terutama sektor pariwisata.

Pesta Olimpiade diharapkan bisa membangkitkan kembali gairah ekonomi negeri sakura karena event sebesar ini bisa mendatangkan pemasukan sebesar $40 Miliar dan menciptakan 150.000 lapangan kerja yang baru.

Tokyo Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2020
Selamat kepada Tokyo dan Jepang!


Bagikan

Related Articles

2 comments:

  1. baru kali ini saya melihat orang jepang berteriak banzai dengan penuh semangat, kenapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum, mereka bener-bener butuh olimpiade ini. :)

      Hapus