In Berita Dari Jepang Jalan-Jalan Di Jepang

Jepang Fokus Menggaet Turis Muslim


Kabar gembira bagi kita-kita yang tinggal di Asia Tenggara, terutama yang beragama Islam.

Saat ini Jepang sedang mengintensifkan upaya untuk memikat wisatawan Muslim dari Asia Tenggara. Menurut pejabat dari Asean-Japan Center (AJC), semakin hari semakin banyak orang-orang yang bekerja di industri pariwisata Jepang belajar bagaimana caranya untuk mengakomodasi budaya dan kebutuhan para pengunjung Muslim.

Jepang Fokus Menggaet Turis Muslim

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk menarik lebih banyak wisatawan ke negeri sakura dan membantu memulihkan kemerosotan ekonomi yang panjang serta mempersiapkan diri untuk masuknya jutaan pengunjung ketika Olimpiade 2020 dimulai," kata Dananjaya Axioma, direktur Dinas Pariwisata AJC.

AJC memainkan peran penting dalam mendidik para pejabat Jepang dan perusahaan-perusahaan di industri pariwisata tentang kebutuhan wisatawan Muslim. Bulan lalu saja, AJC sibuk mengadakan seminar di empat kota di Jepang tentang bagaimana caranya menyambut para turis yang beragama Islam.

Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe saat ini memiliki target untuk menarik 25 juta wisatawan pada tahun 2020. Pembebasan visa Jepang bagi para turis dari Malaysia dan Thailand juga diharapkan untuk membawa lebih banyak wisatawan baru, kata Dananjaya. Beberapa organisasi Tour & Travel telah bantu melobi para wakil rakyat untuk memberikan peraturan visa yang sama bagi negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara seperti Filipina dan Indonesia.

Jepang Fokus Menggaet Turis Muslim

Menurut Dananjaya, halangan yang paling utama adalah makanan.

Banyak yang tidak bisa menyediakan makanan halal bagi para turis muslim karena memang makanan tersebut tidak tersedia secara luas di Jepang. Tapi AJC menyatakan bahwa menangani kebutuhan wisatawan muslim tidak harus sulit. Misalnya, pihak operator Tour & Travel diajarkan untuk membawa para turis hanya ke restoran-restoran yang tidak menghidangkan babi. Hotel-hotel juga diberitahu untuk menyediakan area doa bagi turis Muslim dan diajari tentang kiblat atau arah seorang Muslim harus menghadap ketika berdoa.

Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, lebih dari 200 juta jiwa, dan lebih dari setengah atau sekitar 17 juta penduduk Malaysia adalah pengikut Islam. Filipina memiliki sekitar 4,6 juta Muslim. Ya, Asia Tenggara adalah rumah bagi populasi Muslim yang signifikan, karena itu Jepang sedang sibuk mempersiapkan tempat yang ramah bagi kaum muslimin.

Jadi, mari kita semua berdoa, mudah-mudahan suatu hari nanti, warga Indonesia bisa masuk ke Jepang bebas visa. Mudah-mudahan.


Bagikan

Related Articles

11 comments:

  1. bukannya di eropa dan amerika juga ada menu maaf babi???, tapi kok terkenal dan banyak turisnya termasuk turis dari indonesia, itu karena eropa terkenal dengan sepak bolanya dan amerika terkenal dengan film holiwudnya, oia korea selatan tuh terkenal dan banyak turis asingnya termasuk turis indonesia juga, padahal ada menu maaf babi juga kan?, itu karena musik korea pop/k pop yang sedang melanda dunia, sedangkan jepang apa???

    BalasHapus
  2. untuk menjawab pertanyaan bro, silahkan baca artikel2 di page ini. hehehehe

    BalasHapus
  3. yup
    yg paling banyak halangan itu makanannya dan tempat untuk ibadah
    masih sangat sulit disana buat muslim :(

    BalasHapus
  4. Jepang justru lbh duluan terkenal dibanding Korea. Korea sih baru skrg2 aja..
    Org2 yg blm prnh ke Jepang bkn krn negaranya ga menarik tp krn masalah uang.
    Setau gw sih, org2 yg udh ke Eropa, itu berarti org yg punya uang lebih & itu artinya kemungkinan besar udh ke Jepang juga (contoh tmn2 gw).
    Klo masalah babi, Eropa & Amerika menu babinya ga sebanyak di Jepang, China & Korea.
    Ini menurut pendapat gw loh, sorry klo salah. Tp intinya, i love Japan forever ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. jepang terkenal karena anime, oke lah tapi bagi orang awam anime itu tontonan buat anak kecil, terus di berita tv kita mana ada yg bahas berita anime kan?, yg ada bahas berita sepak bola dari negara2 eropa, film2 amerika, hal yg berbau korea sprti korea pop/K POP, maka otomatis acra berita tersebut di tonton banyak orang yg tahu negara tersebut dan yg awam jdi negara yg di beritakan tersebut, shingga orang2 jdi tertarik ingin pergike negara2 yg di beritakan tersebut, jadi jepang harus membuat sesuatu yg lebih heboh dari sepak bolanya negara eropa, film2 amerika, dan harus menyaingi musik korea, pokoknya jepang harus buat gebrakkan baru, biar makin terkenal

      Hapus
    2. Udah ada JKT48 noh! sister groupnya AKB48. kan lagi gempar-gemparnya tuh di Indonesia. ampe cherrybelle aja kalah saing. jadi modus sekalian, biar jepang sekarang banyak dikunjungin, sekalian juga kan mampir ke theaternya AKB48 >.< pengen!!

      Hapus
    3. anime buat anak kecil? sekali2 cobalah tengok anime2 keren kayak Psycho Pass,Steins;Gate,dll baru lu bisa omong anime tu cuma buat anak kecil apa kaga' jangan asal komentar.
      Peace (^ ^)V

      Hapus
    4. lah diatas saya kan udah tulis kalo orang awam menganggap anime itu tontonan buat anak kecil, ini untuk orang awam yg gak tahu anime loh ya, klo fans anime ya udah pasti tahu klo anime bukan hanya tontonan buat anak kecil, saya fans anime juga bro :)

      Hapus
    5. Engga juga sih sudah ke Eropa belum tentu sudah ke Jepang, orang milih tour ke Eropa karena lebih murah, sudah ke berapa negara di eropa harganya lebih murah & visa juga mudah, harga yang sama ke Jepang hanya Jepang saja dan waktunya lebih pendek, memang sekarang visa ke Jepang juga lebih mudah, orang mungkin berpikir jepang mahal, memang untuk hotel mahal ( tapi ikut tour mungkin lebih murah dengan mendapat hotel yg top), tapi untuk berbelanja lebih murah jepang dari pada di Jakarta, juga makanan, saya sudah ke 5 benua tapi kejepang 1 th sekali pasti pergi, th ini sudah 2 x , nov 2, 2013, nanti saya juga akan berangkat ke Tokyo. Jadi jangan ragu@ pergi ke Jepang, di sana banyak juga loeh hotel yang murah, ada juga room share 1 malam Yen 2.000, Seruuuu

      Hapus
  5. sipppp bro ane setuju ama ente klo belum pernah mersakan jepang secara keselutuhan mungkin belum begitu tau,, banyak sekali hal positif yg bisa di pelajari dari jepang, yg paling keren di jepang itu menurut ane adalah pelayan publik nya mantep banget,, seperti di restoran2 dll,,

    BalasHapus
  6. wah pada ribut soal jepang ya, sebenarnya tergantung kitanya sih, saya sih lebih senang tinggal (sementara) di jepang daripada di amrik dan eropa ya,,, disini terkenal budayanya bro.. tas tertinggal di halte contohnya, ngak akan hilang tuh, coba kalau eropa, dompet aja bisa ambles (pengalaman), saya suka budaya jepangnya.. terus dibanding dengan negara kita Tercinta, apa2 lebih murah di jepang (dengan perbandingan kwalitas) lo ya...

    BalasHapus