Kopi Bisa Memperpanjang Usia Kita


Kabar gembira bagi kita yang suka minum kopi. Sebuah studi ilmiah yang dipresentasikan oleh para peneliti Jepang di American Heart Association (Asosiasi Jantung Amerika) telah membawa bukti baru bahwa kopi bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular yang menggangu sistem peredaran darah.

Kopi Bisa Memperpanjang Usia Kita

Tim peneliti yang dikepalai oleh Dr. Masato Tsutsui tersebut merekrut 27 orang dewasa muda berusia 20-an untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Tidak satu pun dari mereka adalah peminum kopi rutin, tetapi mereka setuju untuk mengkonsumsi dua cangkir kopi sehari untuk penelitian ini.

Mereka menggunakan teknik Laser Doppler Flowmetry (LDF) yaitu teknik yang memasang alat kecil di ujung jari telunjuk lalu menyinari tangan dengan sinar laser untuk mengukur tekanan darah para relawan dengan melihat pergerakan sel darah merah dalam tubuh. Caranya mereka menekan ujung jari telunjuk sampai jari tersebut putih pucat karena aliran darah terganggu, kemudian dilepas untuk dilihat berapa cepat aliran darah ke jari kembali normal.

Hasilnya, mereka yang minum kopi mempunyai aliran darah 30% lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Mereka juga melihat tekanan darah yang meningkat secara signifikan, tapi tidak membuat jantung berdetak lebih cepat. "Hasil ini memberi kita petunjuk tentang bagaimana kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung yang tentunya juga akan memperpanjang usia sang peminum kopi," kata Dr. Masato yang juga merupakan profesor farmakologi di University of the Ryukyus di Okinawa, Jepang.

Apa Jepangers disini ada yang suka minum kopi setiap hari?



Kopi = Kohi / コーヒー

Bagikan

6 komentar:

  1. kopi jepang sih pait, jadinya saya gak terlalu suka. itu maksud dari kopi yang bisa mempercepat aliran darah apakah kopi tanpa gula??? soalnya kopi di indonesia campurannya macam macam kan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya warung kopi murni tpi banyak yg ska pahit lho yah tpi itupun dri golongan orang lasia -_-''klo soal kopi di jepang sih lidah orang jpg sedikit beda ya dgn orang indonesia...teh org jpg suka teh murni tanpa gula....makanan orang jpg lbh suka makanan non minyak(wlopun ada beberapa yg suka makanan goreng XD )

      Hapus
    2. kopi campur gorengan enak ya?

      Hapus
    3. hahaha maksudnya lidah orang indo dan jpg agak beda...banyakan orang indo ska makanan berlemak...tpi org jpg lbh suka makanan mentah..orang indo suka teh manis tpi org jpg malah suka teh pahit.... XD sedikit berhubungan jga tuh dgn slera minum kopi jga...sana ska kopi pahit sini ska kopi bergula dan manis ..

      Hapus
  2. Starbuck ? everyday,before work.. lol

    BalasHapus
  3. Saya hampir setiap hari

    BalasHapus