In Berita Dari Jepang Budaya Jepang Orang Jepang Tradisi Jepang

Natal Valentin Di Jepang


Perayaan natal di Jepang sedikit berbeda dengan perayaan natal di negara-negara lain. Kalau umat nasrani bersuka cita bersama keluarga dan teman di gereja, sebagian besar orang Jepang bersuka cita mencari pasangan kencan.

"Jika bukan karena natal, saya mungkin tidak akan dandan seperti ini untuk mencari pacar," kata Akino Koshiba. Ya, Akino sibuk mempercantik diri dalam beberapa hari ini. Seperti kebanyakan orang Jepang yang masih single, dia merasa sedikit gelisah karena di Jepang, seperti ada hukum tak tertulis bahwa kamu harus pergi kencan dengan seseorang di hari natal.

Alhasil, natal di Jepang seperti hari valentin kedua di Jepang.

Pacaran Saat Natal Di Jepang

"Kemanapun saya pergi, semua orang seakan-akan mengingatkan saya kalau saya belum punya pacar," kata Tomohito Shimazu, seorang mahasiswa di Tokyo. Di Jepang, hari natal bukan merupakan hari libur nasional apalagi hari besar keagamaan, meskipun begitu hampir semua orang ikut merayakannya. Entah itu jalan-jalan, makan-makan, atau saling menukar hadiah, yang penting harus bersama sang pacar layaknya hari valentin.

Perayaan hari natal yang diperlakukan sama seperti hari valentin dimulai di era tahun 1980-1990an dimana para dewasa-muda dengan gampang mendapatkan pekerjaan yang bergaji besar. Perusahaan-perusahaan dan pebisnis lokal pun berkembang pesat dengan masuknya pengaruh barat.

Para dewasa-muda mulai suka memanjakan diri dan pasangannya dengan makan di restoran-restoran mewah dan memberikan hadiah-hadiah yang bermerek mahal. Tapi sekarang, semua kemewahan itu sudah berkurang karena ekonomi Jepang yang sedang melemah. Sebuah survey kepada orang-orang single yang berusia 20-30an tahun yang dilakukan oleh Macromill di Tokyo menunjukkan bahwa 39% dari mereka berencana untuk merayakan natal di restoran mewah, tapi 32% memilih untuk merayakannya di rumah saja.

Entah itu memakan KFC atau kue stroberi, dua jenis makanan yang wajib di hari natal.

Pacaran Saat Natal Di Jepang

Related Articles

4 comments:

  1. Selamat Natal utk yg merayakannya ^o^

    BalasHapus
  2. Kalau di Barat bagi yang tidak merrayakan Natal biasanya mengucapkan "Happy Holiday".

    BalasHapus