Harga Lelang Perdana Tsukiji 2014: Rp. 730 Juta Untuk Satu Ekor Ikan Tuna


Boss restoran sushi, Kiyoshi Kimura, akhirnya berhasil memenangkan lelang perdana tahun 2014 di pasar Tsukiji, pasar ikan terbesar di dunia. Dia memenangkan satu ekor ikan tuna sirip biru seberat 230 kg dengan membayar harga ¥7,3 Juta atau sekitar Rp. 730 Juta. Harga yang mencengangkan, meskipun ini bukan merupakan rekor baru.

Rekor ikan tuna termahal di dunia saat ini masih dipegang oleh hasil lelang tahun lalu dengan harga jual sebesar ¥155.400.000 atau sekitar Rp. 15,5 Miliar, yang juga dibeli oleh Kiyoshi-san. Harga yang menembus angka 15 Miliar itu sempat menggemparkan seluruh dunia.

"Saya senang dengan harga pada lelang perdana tahun ini yang kembali ke kisaran yang wajar," kata Kiyoshi, boss restoran Sushi Zanmai.

Harga Lelang Perdana Tsukiji 2014: Rp. 730 Juta Untuk Satu Ekor Ikan Tuna

Di sisi lain, rencana pasar ikan Tsukiji yang akan dipindahkan pada tahun 2016 masih terus berlangsung dengan hangat. Hiroyasu Ito, Ketua Asosiasi Pedagang Seafood, mengatakan bahwa relokasi Tsukiji ke tempat yang lebih bersih, lebih besar dan lebih canggih bisa membantu para pembeli mendapatkan ikan-ikan yang jauh lebih segar. Tapi banyak juga yang menentangnya.

"Justru karena masih tradisionalnya, kotornya dan padatnya pasar ini yang membuat saya dan para turis lainnya datang ke Tsukiji," kata salah satu pengunjung, Tetsuya Kojima, yang bersikeras tidak akan datang ke lokasi Tsukiji yang baru jika benar dipindahkan.

0 comments: