Jepang Negeri Para Lansia


Berita yang tidak begitu gembira menyambut Jepang di tahun baru ini.

Menurut data Kementerian Kesehatan, populasi Jepang menurun 244.000 pada tahun 2013. Diperkirakan sekitar 1.031.000 bayi lahir pada tahun lalu - turun sekitar 6.000 dari tahun 2012. Di sisi lain, sekitar 1.275.000 orang meninggal dunia - naik sekitar 19.000 dari tahun sebelumnya, kenaikan tahunan tertinggi sejak Perang Dunia II.

Jepang Negeri Para Lansia

Akibatnya, penurunan populasi Jepang menembus rekor baru; rekor terendah dalam 100 tahun terakhir dimana kelahiran semakin sedikit dan kematian semakin banyak. Pemerintah Jepang terus menyoroti kekhawatiran atas tenaga kerja yang terus berkurang karena semakin banyaknya pensiunan.

Dengan lebih dari 20% jumlah penduduk yang berusia diatas 65 tahun, negeri sakura harus segera mencari solusinya sebelum benar-benar mendapat julukan baru... negeri para lansia.


8 komentar:

  1. Kalo menurut yg aku tau, salah 1 alasan orang jepang ga mau menikah atau punya anak karena biayanya mahal. krna biaya hidup di sana memang mahal, makan, sekolah jga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget... Coba baca ini...
      http://www.jepang.net/2008/12/mau-50-juta-bikin-bayi-donk.html

      Hapus
    2. tpi sebenarnya msh ada kok yang mau nikah...dan punya anak...bahkan tingkat kelahiran pun sbnrnya msh ada tpi itupun sangat kecil...bhakan shinzo abe tlh nyelametin ekonomi jpg dri masa kritis ..sebenarnya jpg kurang penduduk akibat dri banyaknya korban tewas tsunami ..
      penduduk jpg thn 2009 127.558 2010 turun 127.4505 2011 naik lgi 127.8173 2012 turun lgi 127.5615 :/ grafiknya naik turun naik turun tpi menurutku itu biasa

      Hapus
    3. oh iya dan satu lgi...orng2 jpg yg kaya pada minggat dan nikah di negara asing pasca trauma dgn tsunami :/

      Hapus
  2. yailah negeri para lansia!
    lah wong tingal disana saja mahal kok :|
    semua biaya pada mahal, ya jelas pada malas buat anak
    coba para masyarakat indonesia kek gitu
    tapi sayang, di indonesia malah sebaliknya yah :|
    pada berlomba2 manikah mudah dan beranak banyak lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pengaruh tingkat pendidikan juga....

      Hapus
  3. Cewe Jpn yg cantik & mau menikah tp susah cari cowo nikah sama saya aja :-p
    Asalkan life style mereka diturunin, saya usahain sanggup deh biayainnya.
    Bro Agus klo ada knalan cewe Jpn bs dikenalin ke saya. Hehe..

    BalasHapus