In Lain-Lain

Bahaya Mengintai Jika Malas Ganti Oli Motor Matic

[Mohon bersabar saat me-loading artikel ini karena banyaknya gambar dan animasi yang menunjang informasi yang anda peroleh]

Ganti Oli Motor Itu Sangat Penting


Anda pengguna motor matic? Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda ganti oli motor anda? Indonesia, dengan jumlah penduduknya yang dua ratus juta lebih, adalah salah satu negara dengan persentase pengguna motor terbanyak di dunia.

Selain kita, masih ada Thailand, Filipina, dan Vietnam yang masyarakatnya juga lebih memilih menggunakan motor ketimbang kendaraan umum. Bahkan banyak orang yang sudah memiliki mobil tapi masih enggan memakainya setiap hari, melainkan lebih memilih naik motor (termasuk saya sendiri).

Salah satu alasannya adalah karena: Tidak tahan kena macet!


Kena macet!


Motor matic dipandang sebagai solusi untuk mobilitas yang tinggi dan kenyamanan yang diinginkan para pengendara dengan harga yang sudah sangat terjangkau. Bayangkan, dulu kita harus susah-payah mengganti persneling gigi saat menjalankan motor, tapi sekarang sudah otomatis. Jelas lebih mudah.

Berkat motor matic pula istri saya berani mengendarai motor kemana-mana. :)

Tapi, jika anda mampu untuk membeli motor matic, anda juga WAJIB memampukan diri untuk men-servis motor tersebut dengan teratur. Salah satu hal yang paling penting adalah mengganti oli motor matic anda secara rutin.


Bahayanya Malas Ganti Oli Motor Matic


Bagi mereka yang malas atau sering lupa mengganti oli motornya, bersiap-siaplah untuk mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengobati mesin motor matic anda. Kalau sampai harus mengganti piston atau silinder yang rusak. uang jutaan rupiah sudah pasti akan melayang untuk sesuatu yang seharusnya bisa dicegah dengan mudah.

Awalnya saya juga tidak percaya saat orang bengkel bilang kalau oli motor matic harus sering diganti. "Ahh, itu mah cuma trik orang bengkel untuk cari duit!" Kata saya dalam hati saat pertama kali membawa motor baru saya ke bengkel. Belum 1 tahun, motor matic baru saya mulai bermasalah; suara mesin menjadi sangat kasar dan akselerasi motor menjadi jauh lebih berat dibandingkan sebelumnya.

GAWAT KAN!

Ternyata tidak mengganti oli motor matic secara rutin itu bahaya sekali.

Mungkin karena oli tidak seperti bensin yang membuat motor langsung tidak bisa jalan kalau bensinnya habis, sehingga oli sering kali di-anak-tirikan oleh banyak orang, termasuk oleh diri saya sendiri. Bahkan sampai oli menghitam berbulan-bulan pun saya masih cuek saja seolah tidak ada apa-apa. Salah besar.

Oli pada dasarnya sama pentingnya dengan bensin. Oli berfungsi sebagai pelumas agar mesin-mesin dan sparepart di motor jalannya licin dan halus, tidak cepat panas saat digunakan, dan memproteksinya dari korosi atau karat. Bagaimana kalau tidak diganti? Tentu kebalikan dari keadaan motor yang baik tersebut...

Motor akan terasa kasar mesin dan sparepart-nya, apalagi kalau bunyinya sampai udah mendecit. Itu baru tahap awal, belum sampai kerusakan mesin dan segala sparepartnya yang harus kita ganti. Apakah anda mau merogoh kocek dalam-dalam? Padahal, kalau anda rajin mengganti oli motor, biaya yang anda keluarkan tidaklah mahal.

Contohnya, jika anda memakai motor matic, untuk oli gardan dan oli mesin, anda cukup mengeluarkan uang 30 sampai 70 ribu rupiah saja. Uang 30-70 ribu rupiah ini tiap bulan atau bagaimana? Tergantung penggunaan anda terhadap si sepeda motor.

Kita dianjurkan untuk mengganti oli motor matic setiap 2.000 kilometer atau 2 bulan sekali. Jangan lebih dari 2.000 kilometer karena kasihan mesin dan sparepart-nya sudah bekerja terlalu lelah. Jika anda royal akan lebih baik kalau bisa lebih sering ganti olinya. Tidak rugi juga, kan? Daripada nanti ada yang rusak dan anda menggantinya lebih mahal.


Jangan Ganti Oli Motor Matic Sembarangan


Meskipun anda sayang sekali dengan motor matic anda dan mau mengeluarkan uang, tenaga, serta waktu untuk mengganti oli motor, anda tidak boleh ganti oli motor matic dengan sembarangan!

Jadi, pertama-tama anda harus paham dulu dengan jenis oli yang motor anda gunakan. Kalau motor anda matic ya harus menggunakan oli untuk motor matic, begitu juga dengan manual. Oli motor ini terdiri dari tiga macam, ada yang dari bahan mineral, sintetis, dan semi sintetis. Dengan menggunakan oli yang sesuai, tidak hanya mesin dan sparepart yang akan bekerja mulus, akselerasi atau tarikan si kuda besi juga menjadi ringan.

Anda harus memperhatikan tipe SAE (klasifikasi oli berdasarkan Society of Automotive Engineer) pada oli yang digunakan oleh motor. Caranya, dengan melihat pada kemasan oli motor tersebut sebelum anda membelinya, pastikan SAE-nya sama dengan oli yang sebelumnya anda gunakan. Anda juga bisa berpatokan pada buku petunjuk motor.

Kenapa SAE ini harus sesuai? Karena SAE ini menunjukkan tingkat kekentalan yang dapat bekerja pada komponen motor. Oli motor dengan tipe SAE 10W-30 atau dengan tipe 10W-40 itu yang paling sering direkomendasikan dan bisa menunjang motor terakselerasi lebih cepat saat dikendarai.

Tapi anda harus ingat ini semua kembali lagi, tergantung jenis motor dan anjurannya masing-masing. Misalnya motor anda dari buku petunjuk pabrikannya sana sudah dianjurkan menggunakan oli motor dengan tipe kekentalan SAE 10W-30, sementara anda malah menggunakan oli motor dengan tipe kekentalan 20W-50. Alhasil? Ya komponen motor tidak mulus kerjanya, suaranya tidak enak di telinga, dan akselerasinya menjadi berat. Bagaimana tidak? Yang seharusnya dia licin dan mulus, karena pakai oli yang lebih kental, otomatis jadi tersendat-sendat karena lebih padat.

Kalau anda memang masih ngotot untuk mengganti tipe oli karena anda rasa akan memberi dampak lebih baik pada motor, hal itu sah-sah saja. Toh bukan saya yang keluar uang. Tapi anda juga harus mengganti komponen filter oli, karena oli yang ada pada motor akan disaring oleh filter ini. Kalau saringannya tidak cocok dengan kekentalan oli motornya, dikhawatirkan film oli bisa rontok. Kerak oli yang tidak tersaring juga bisa menyumbat filter oli. Malah jadi rusak, itu dia kenapa anda tidak bisa sembarangan dalam hal mengganti oli.


Bahaya Gonta-Ganti Merk Oli Mesin


Suatu hari anda melihat oli merk A yang harganya lebih murah daripada merk B. Kekentalannya sama, jadi pasti aman dong kalau anda mau ganti merk ke yang lebih murah? Ooh, tidak segampang itu. Kenapa dikatakan begitu? Ya karena pandangan orang awam kalau kekentalannya sama berarti sah-sah saja mengganti merk-nya sesuka kita. Apalagi yang harus dikhawatirkan, kan?

Yang harus dikhawatirkan adalah...

FORMULASINYA!

Bahaya Mengintai Jika Malas Ganti Oli Motor


Memang setiap oli motor yang dikeluarkan oleh pabrik harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Tapi, namanya brand atau merk pasti memiliki formulasi masing-masing yang menjadikan ciri khasnya untuk membedakan oli motor merk-nya dengan oli motor merk-merk lain.

Perbedaan formulasi ini membuat kandungan zat adiktif dan senyawa dalam oli berbeda-beda persentasenya. Sehingga, kalau anda sering gonta-ganti merk oli, dikhawatirkan perbedaan senyawa dan zat ini menimbulkan efek yang kurang bagus untuk sparepart dan mesin motor anda. Kalau sudah begitu? Ya performa si kuda besi pasti akan menurun.


Awas! Oli Palsu Merajalela


Nah, ini juga bikin ngeri. Salah satu masalah besar dalam dunia per-oli-an di Indonesia yaitu masih banyak orang bengkel yang nekat menjual oli palsu ke kita. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini menggunakan botol oli motor matic merk terkenal tapi isinya oplosan alias oli murahan yang dicampur dengan bahan-bahan yang tidak jelas.

Hal ini berbahaya sekali karena seharusnya oli dapat membersihkan dan merawat sparepart dan mesin motor, tapi ini malah merusak. Jika menggunakan oli palsu, mesin motor matic akan cepat panas dan mengeluarkan suara yang kasar, bisa macet-macet saat anda berkendara, dan pada motor manual ketika mengoper gigi akan terasa sangat kasar.

Yang paling parah malah piston dan atau silinder motor bisa rusak, mahal sekali gantinya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengganti oli motor matic anda di bengkel resmi. Jika bengkel resmi terlalu jauh atau antriannya terlalu panjang dan anda tidak sempat, anda boleh mempercayakan bengkel biasa untuk mengganti oli motor. Dengan catatan anda harus memastikan olinya asli.

Mintalah orang bengkel menunjukkan kode pengaman yang ada pada segel oli sebelum dibuka dan dimasukkan ke motor anda, dan 4 angka cetakan kode di bagian bawah botol oli. Oli yang asli akan lebih sulit dibuka karena tutupnya dipress menggunakan mesin.

Jadi, anda sudah tahu kan kenapa harus mengganti oli motor dengan benar?


Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic Anda


Lalu dimana kita bisa membeli oli motor terbaik untuk motor kesayangan kita? Almarhum Ayah saya sendiri, yang motornya sudah pernah dua kali turun mesin, selalu menggunakan oli bermerk FEDERAL OIL sejak saya masih kecil.

Saya ingat dulu saat saya baru pertama kali membeli motor dengan uang hasil keringat sendiri, beliau titip pesan agar saya merawat motor tersebut dengan baik. Beliau juga memberikan beberapa saran dan rekomendasi penting. Salah satu yang direkomendasi adalah oli bermerk FEDERAL OIL.




Kenapa harus memakai oli merk Federal Oil sih? Kan banyak yang merk terkenal lainnya. Saya sampai melakukan 'investigative research' (istilahnya keren banget) mengenai merk ini. Berikut hasil laporannya...

1. Federal Oil adalah produk asli buatan anak bangsa Indonesia

Federal Oil diproduksi oleh PT. Federal Karyatama (FKT) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Mitra Pinasthika Mustika TBK (MPM), yang sudah berdiri sejak tanggal 6 Mei 1988 tanpa bantuan investor asing. Wah, berarti produk Federal Oil dan perusahaannya sudah berusia 29 tahun!

Ini artinya produk Federal Oil dipercaya oleh warga Indonesia dan kualitasnya berhasil dibuktikan tidak kalah dan bahkan LEBIH BAIK dibandingkan produk oli sejenis dengan merk luar negeri sehingga mampu bertahan selama hampir tiga dekade dan berkembang menjadi merk favorit. Mantap!


2. Federal Oil adalah produk oli pertama di Indonesia yang dibuat dengan menggunakan Robot

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa dibalik pembuatan Federal Oil terdapat kecanggihan teknologi yang biasanya kita lihat di pabrik-pabrik luar negeri.

Ya, PT. Federal Karyatama sudah sepenuhnya menggunakan teknologi robot dalam memproduksi Federal Oil dari awal sampai akhir. Staf manusia hanya bekerja sebatas menjalankan dan mengawasi jalannya tangan-tangan mesin robot agar prosesnya tidak ada yang terhambat.

PT. Federal Karyatama juga merupakan satu-satunya perusahaan oli di Indonesia yang menggunakan teknologi blending Turbo Venturi Molecule Crusher (TVMC). Teknologi ini memungkinkan terbentuknya molekul baru yang lebih homogen, stabil, dan tidak mudah terurai, sehingga menjadikan Federal Oil lebih tahan panas. Keren kan?


3. Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin

Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin

Oli Federal Matic dibuat khusus untuk menjaga performa mesin motor matic agar tetap sempurna dalam penggunaan jangka panjang. Slogan "Federal Matic 2X Revolusi Dingin" bukan hanya slogan biasa untuk menjual oli, melainkan itu adalah salah satu keunggulan Oli Federal Matic yang mampu menjaga agar suhu mesin motor matic tetap terjaga dan tidak cepat panas.

Dengan teknologi Heat Protection Formula, oli motor matic Federal adalah oli spesialis dingin hasil perpaduan cantik dari 3 elemen penting:

Viscoelastic Molecules untuk meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin motor matic anda.

- Active Moly yang melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin motor matic anda tetap dingin.

- Double Act Cleaner yang mampu membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin sehingga kinerja mesin motor matic anda jauh lebih optimal.


Jadi dengan teknologi Heat Protection Formula, oli motor matic Federal dapat MENGONTROL PANAS 2X LEBIH EFEKTIF.

Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin


Oli motor matic Federal dapat membuat mesin motor matic anda 2X LEBIH KENCANG.

Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin


Oli motor matic Federal dapat membuat mesin motor matic anda 2X LEBIH BANDEL.

Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin


FEDERAL OIL terbukti 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel dibandingkan produk oli mesin lainnya yang berada di pasaran. Terbukti juga bahwa rekomendasi orangtua memang tidak pernah salah. :)

Oli Federal Matic 2X Revolusi Dingin


Oil Suggestion


Tapi, bagaimana kita bisa tahu tipe oli yang mana yang paling tepat untuk motor matic kita?

Jangan khawatir. Kita bisa ke situs FederalOil.co.id untuk cari tahu. Sudah sampai ke FederalOil.co.id? Lalu arahkan kursor mouse anda ke pilihan "PRODUCT" pada menu di atas, lalu klik "OIL SUGGESTION"...

Federal Matic 2x Revolusi Dingin


Selanjutnya, pilih kategori motor anda. Kalau saya, saya pilih "Matic"...

Federal Matic 2x Revolusi Dingin


Selanjutnya, pilih "Merk" motor anda. Lalu pilih "Type" motor anda. Kemudian sistem pada situs akan memberitahu anda produk oli mesin yang cocok untuk motor anda.

Federal Matic 2x Revolusi Dingin

Produk oli mesin motor matic dari Federal Oil adalah:

FEDERAL MATIC 30


FEDERAL MATIC 30 SAE 10W-30 API SL JASO MB (Tersedia 0.8 L) berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis (kopling kering). Direkomendasikan untuk jenis motor MATIC dengan usia motor kurang dari 5 tahun.

FEDERAL MATIC 30


FEDERAL MATIC 40


FEDERAL MATIC 40 SAE 10W-40 API SL JASO MB (Tersedia 0.8 L) berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis (kopling kering). Direkomendasikan untuk jenis motor MATIC dengan usia motor kurang dari 5 tahun.

FEDERAL MATIC 40


FEDERAL Y-MATIC


FEDERAL Y-MATIC SAE 20W-40 API SJ JASO MB (Tersedia 0.8 L) dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis (kopling kering). Direkomendasikan untuk jenis motor MATIC dengan usia motor lebih dari 5 tahun.

FEDERAL Y-MATIC


FEDERAL ULTRATEC MATIC


FEDERAL ULTRATEC MATIC SAE 10W-30 API SJ JASO MB (Tersedia 0.8 L) dengan formula spesial untuk mesin motor transmisi otomatis (kopling kering). Direkomendasikan untuk jenis motor MATIC dengan usia motor lebih dari 5 tahun.

FEDERAL ULTRATEC MATIC


FEDERAL GEAR OIL MATIC


FEDERAL GEAR OIL MATIC (Tersedia 120 ml) merupakan pelumas spesial untuk roda gigi motor transmisi otomatis (matic/scootic). Direkomendasikan untuk semua jenis motor MATIC.

FEDERAL GEAR OIL MATIC



Lalu apa yang saya beli untuk motor matic saya?

Situs FederalOil.co.id memberitahu saya kalau motor matic saya harus menggunakan FEDERAL MATIC 30, karena itu saya bawa motor saya ke bengkel resmi dan saya pilih oli FEDERAL MATIC 30...

FEDERAL MATIC 30


Sekalian saya ganti oli gardan dengan FEDERAL GEAR OIL MATIC...

FEDERAL GEAR OIL MATIC


Berikut adalah VIDEO motor matic saya sedang diganti olinya dengan Federal Oil...





FEDERAL OIL


Selesai sudah saya membahas tentang pentingnya ganti oli mesin secara rutin. Terima kasih sudah membaca artikel yang panjang ini. Semoga berguna untuk membantu kita menjaga dan merawat kuda besi kesayangan kita.

Jika anda membutuhkan informasi yang lebih detail mengenai Federal Oil, berikut adalah alamat dan nomor kontak lengkap yang bisa anda hubungi...

HEADQUARTERS:
PT. Federal Karyatama
The Prominence Office Tower
Jl. Jalur Sutera Barat Kav.15
Alam Sutera – Tangerang 15143
Telepon/Fax: +6221.3003.0688
Customer Support: 1500027
Email: admin@mpm-lubricants.com
Website: http://www.federaloil.co.id/

SOCIAL MEDIA:
https://www.twitter.com/federaloil_id/
https://www.facebook.com/federaloil.id/
https://www.instagram.com/federaloil_id/



Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam kontes blogging Federal Oil, namun isinya faktual dan dapat dipertanggungjawabkan. Hak cipta ilustrasi gambar/kartun/animasi dan hasil editan adalah milik Jepang.net karena sudah memiliki izin license premium. Hak cipta gambar dan ilustrasi yang mengandung logo dan gambar dari situs FederalOil.co.id adalah milik Federal Oil. Hak cipta foto adalah milik Jepang.net.



[Share artikel ini untuk membantu teman dan keluarga anda]

Related Articles

4 comments:

  1. weleh weleh..telat lagi ikutan kontes blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, Kang Ahmad. Boleh ikut yang lain. Masih banyak. :)

      Hapus
  2. ane juga baru tau kalo ternyata efek telat ganti oli itu bisa fatal. selama ini oli yang ane pake juga ga tetap, makanya ane makin tertarik nyobain federal.
    nais artikel mas bhro

    salam hoki dan salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kang Bedel. Orangtua memang dari dulu sudah peringatin kalau telat ganti oli bahaya.

      Salam hoki! Salam blogger!

      Hapus