In Orang Jepang

Ikigai, Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

Ikigai, Rahasia Umur Panjang Orang Jepang
Jepang, sebagai negara yang begitu kaya dengan budaya dan keunikannya. Memiliki satu lagi kelebihan yang layak untuk dipelajari, yaitu penduduknya yang rata-rata memiliki umur panjang. Meskipun beberapa tahun kebelakang Jepang mengalami krisis kelahiran atau menurunnya generasi produktif, tetap saja harapan hidup yang lebih tinggi merupakan sebuah kelebihan untuk sebuah bangsa.

Berdasarkan data WHO yang dirilis tahun 2015, Usia harapan hidup rata-rata orang Jepang adalah 84 tahun, yang menduduki posisi paling tinggi di dunia. Khusunya penduduk yang tinggal di Perfecture Okinawa, merupakan penduduk yang paling panjang umur di Jepang. Di Okinawa,  ditemukan rata-rata ada 35 orang berumur 100 tahun atau lebih per 100.000 penduduk Okinawa, merupakan statistik tertinggi di dunia untuk kawasan dengan penduduk yang memiliki umur panjang.

Tentu saja hal ini menjadi motivasi tersendiri untuk banyak orang, karena tidak hanya berumur panjang, warga Okinawa juga terkenal memiliki tingkat stress yang rendah, apalagi kemungkinan terserang penyakit stroke dsb.

Apakah secara genetis mereka dilahirkan demikian?

Ternyata tidak.

Para pakar menyimpulkan bahwa apa yang mereka makan dan gaya hidup mereka yang paling menentukan. Menu makanan mereka adalah bahan makan alami, dan penggunaan herbal sebagai obat untuk mengobati penyakit.

Dr Mark Stibict PhD, seorang ahli dari The Johns Hopkins University School of Public Health, menemukan bahwa rata-rata orang-orang Okinawa mengkonsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan dengan manusia di tempat lain. Rendahnya asupan kalori menyebabkan berkurangnya radikal bebas yang diproduksi selama proses pencernaan makanan. Ini berarti mengurangi resiko penyakit kanker dan penyakit lain.

Selain itu, masih ada lagi kunci umur panjang warga Okinawa, yaitu IKIGAI

Dalam Bahasa Jepang, IKIGAI merupakan gabungan dari kata "Iki" atau kehidupan dan Kai atau "peningkatan". Ikigai bisa disebut sebagai filosofi pembangkit semangat bagi orang-orang jepang yang masih merasa hidupnya belum memiliki makna dan kurang bahagia.

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Ikigai bisa diartikan sebagai tujuan hidup. Atau dapat pula digunakan kiasan "alasan untuk siap bangun pagi setiap hari".

Secara teoritis, ikigai merupakan sebuah kegiatan, pekerjaan, atau aktivitas yang merupakan irisan dari beberapa pertanyaan berikut:

What you love?
What you are good at?
What you can get paid for?
What the world needs?

Atau, anda dapat memperhatikan diagram berikut ini:

Ikigai, Rahasia Umur Panjang Orang Jepang


Langkah Teknis Menemukan Ikigai

Buat list untuk masing-masing pertanyaan diatas, dengan jawaban yang paling jujur versi anda masing-masing

Lalu coba buat irisan dari setiap pertanyaan, dengan 1 pertanyaan lain. Misalnya "what you love" dengan "what you are good at", maka akan kita dapatkan "passion". Lanjutkan dengan pertanyaan lain.

Dari setiap irisan tersebut, temukan 1 hal yang benar-benar beririsan untuk semua pertanyaan. Tanyakan kembali pada diri anda, apakah benar saya bisa bangun pagi setiap hari untuk hal ini?




Bagikan

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar